Thursday, January 26, 2012

P I N D A H


MANUSIA SETENGAH SALMON.
kali ini gue akan review dikit..ato banyak ya? 
gitu deh !


Gue baru aja selesai baca manusia setengah salmon yang berhasil gue rampas dari tangan ranger pink kecokalatn. Ini buku seharusnya bikin ketawa. Tapi pada akhirnya gue malah lebih berfikir dan jatohnya gue sedihh..atau bahasa gaulnya GALAU. Iya gue udah sibuk nyari nyari shower pagi pagi. Bukan karna gue mau mandi karna ada kuliah pagi. Tapi karena gue GALAU. IYA ! gue emang cepet belajar. Sekarang ini Gue lagi berguru pada poconggg..
Ada banyak banget bagian yang gue suka dari buku ini. Gue rasa buku ini buku yang paling gue suka dari semua buku buku raditya dika lainnya.
Misalnya yang ini :
“Mungkin itu masalah nya,pikir gue. Seperti rumah ini yang jadi terlalu sempit buat keluarga kami,gue juga menjadi terlalu sempit baut dia. Dan,ketika sesuatu sudah mulai sempit dan tidak nyaman,saat itulah seseorang harus pindah ke tempat yang lebih luas dan (dirasa) cocok untuk dirinya. Rumah ini tidak salah,gue dan dia juga tidak salah. Yang kurang tepat itu bila dua hal yang dirasa sudah tidak lagi saling menyamankan tetap dipertahankan untuk bersama.”
Gue juga belum lama ini pindah rumah. Tapi bukan karena rumah itu terlalu sempit untuk keluarga kecil gue. Malah kebalikannya rumah itu terlalu besar buat keluarga gue yang Cuma terdiri dari gue,bokap n nyokap. Kita pindah kerumah yang lebih kecil sekarng.
Gue juga sma kaya dika yang yang suka rumah barunya. Semuanya gue jadiin masalah. Dari lokasi nya yang jauh banget,serangga yang sering banget ada di kamar gue,dan masih banyak lainnya. Tapi kebalikannya bokap nyokap gue malah suka rumah ini.
"gue seolah disadarkan. Lukisan ibu ibu yang sedang meratap dan kenyataan yang barusan Perek lontarkan membuka mata gue bahwa sebenarnya jarak antara gue dan nyokap hanya satu kali pencetan telpon. Sementara antara Perek dan Ibnya sudah sangat jauh. Mereka bahkan beda alam.
Gue ngerasa sangat bodoh. Sementara gue berusaha untuk tidak terlihat dicariin oleh nyokap karena malu,Perek justru sama sekali tidak bisa di cariin sama nyokapnya.”
“ketika gue melangkah keluar dari museum seni di belgia,gue berpikir ulang tentang jonsep mandiri. Seharusnya,semakin ingin mandiri dari orang tua kita.
Kita gak mungkin selamanya bisa ketemu dengan orang tua. Kemungkinan yang paling besar adalah orang tua kita bakalan lebih dulu pergi dari kita. Dan kalau hal itu terjadi,sangat tidak mungkin buat kita untuk mendengar suara menyebalkan mereka kembali.
Gue gak mau suatu malam,setelah nyokap gue pergi,gue melihat handphone dan berpikir senadainya gue bisa denger suara nyokap sekarang. Saat ini juga,gue pengen setiap waktu yang gue habiskan,gue bisa habiskan dengan mendengar nyokap berkali kali nelepon dan nanya ‘kamu lagi apa? ‘
Sesungguhnya,terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah ktia terima.”
Kata katanya itu beneran bikin gue langsung mikir. Gue butuh orang tua gue. Mereka memang bukan tipe yang suka nelponin gue kaya nyokapnya dika itu. Tapi bokap gue pernah tuh kaya gitu. Waktu dia lagi kerja di luar dan Cuma pulang seminggu sekali atau dua minggu sekali atau seada waktunya dia. Dia suka sms nanya “lagi apa?” atau nelpon nelpon gak jelas.
Udah hampir dua minggu ini gue gak pulang kerumah. Jadi kangennn..
Well kenapa gue disini selama dua minggu. Karna bokap dari sahabat gue tercinta itu baru aja meninggal beberapa sabtu yang lalu. THANKS GOD,to keep my Mom and Dad here with me..
Dan satu orang temen gue ayah nya udah gak ada,sementara gue sering banget ngambek ngambek sama bokap gue yang suka telat kalo jemput dan bikin gue nunggu sementara temen gue itu udah gak mungkin lagi nungguin ayah nya karna ayah nya udah pergi jauhh jauuuuuuuuuuhhhh banget. Gue suka ngerasa risih n sebel karna nyokap nanya nanya tadi gue dari mana aja? Ngapain aja? Sama siapa aja? komen sama barang yang baru gue beli,sibuk ngingetin gue buat gak lupa makan dan lain lain dan lain lain lainnya. Sementara temen gue itu udah gak mungkin lagi di cerewetin kaya gue itu. Karna Ibu nya udah pergi..pergi dan gak akan balik lagi.
Bersyukurlah heyy kalian yang seberuntung aku karena orang tua kalian masih lengkap menemani kalian sampai detik ini..bersyukurlah..
*gk usah pake bershower..pliss gak usah..                     
“gue jadi inget 2008, saat gue menulis buku babi ngesot. Didalamnya ada cerita tentang gue pertama kali masuk sma 70, temenan sama pito. Mister sendiri gue ceritain di cinta brontosaurus,tentang film pendek yang sempet gue bikin untuk tugas bahasa indonesia di sma.”
Iya yaa...kadang waktu itu berasa cepeett banget. Atau memang kecepetan. IYA ! kayanya kecepetan deh.
Gue masih inget banget padahal pas di TK itu gue punya temen yang rmabutnya bauu banget. Di tk juga gue punya temen yang manja dan polos bin alim banget..tapi sekarang dia itu udah beda banget. Mantannya aja banyak. Semuanya berubah ya.
Waktu gue SD,gue sahabatan deket banget sama seseorang,tapi sekarang kalo gue ketemu dia gue bahkan gak tau harus ngomong apa. Iya. Dia berubah,gue berubah. Kita udah gak kaya dulu lagi.
Bahkan temen main gue di rumah aja sekarang ada yang udah punya anak lagi.
Dan gak berasa ternyata gue udah sahabatan sama temen temen gue ini selama kurang lebih tujuh taun. Dulu gue mash inget banget Dorami bocorin rahasia nya si merem dan bikin gue + Meirin  ngejauhin dia,tapi sekarang malah si merem yang menghilang dan kta malah deket banget. Sejak kita jadi temen sekalas,sampai kita pisah di SMA yang berbeda beda dan sampe sekarang kuliah di tempat yang berbeda beda pula kta tetep sama sama. KEEP SOLID YEAH BESTIE ©
 “setiap tahunnya ikan salmon akan berimigrasi melawan arus sungai,berkilo meter jauhnya hanya untuk bertelur. Beberapa spesies,seperti snake ricer salmon bahkan berenang sepanjang 1448 kilometer lebih,dua kali lipat jarak jakarta – surabaya. Gue baru berenang satu meter aja udah ngambang
Perjalan salmon salmon ini tidak gampang.
Di tengah berenang,banyak yang mati kelelahan. Banyak juga yang menjadi sanntapan beruang yang nunggu di daerah daerah dangkal. Namun,salmon salmon ini tetap pergi,tetap pindah,apapun yang terjadi.
Pito,mister dan salmon mengingatkan gue kembali bahwa esensi kita menjadi mahkluk hidup adalah pindah. Dimulai dari kecil,kita pindah dari rahim ibu ke dua nyata. Lalu,kita pindah kesekolah,lalu pindah pekerjaan dan pada akhirnya,kita pindah hidup. Mati,pindah ke alam lain”
                “Hidup sesungguhnya adalah potongan potongan antara perpindahan satu dengan lainnya. Kita hidup di antaranya.”
                “hidup penuh dengan ketidak pastian, tetapi perpindahan adalah salah satu hal yang pasti. Setiap kali gue ke airport untuk kerja ke luar kota, gue selalu melihat orang orang hendak pergi berpelukan dengan keluar atau pacarnya di dean pintu masuk. Kepindahan mereka membuat orang orang terdekatnya sedih.
Kalau pindah diidentikan dengan kepergian, maka kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya. Kita sering berpikir ini adalah perpisahan sehingga merasa sedih melerpas hal hal yang diakrabi, hal hal yang selama ini membuat kira sennag dan nyaman. Akhirnya,melakukan perpindahan ke tempat baru membuat kita dihantui rasa cemas. Apakah akan sma enaknya? Apakah akan sama menyenangkannya? Apakah akan lebih baik?
Padahal,untuk melakukan pencapaian lebih,kita tak bisa hanya bertahan di tempat yang sama. Tidak ada kehidupan lebih baik yang bisa di dapatkan tanpa melakukan perpindahan. Mau tak mau,kita harus seperti ikan salmon. Tidak takut pindah dan berani berjuang mewujudkan harapannya. Bahkan,rela mati di tengah jalan demi mendapatkan apa yang diinginkannya.
Gue juga berpikir, ternyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik,gue gak perlu menjadi menusia super. Gue hanya perlu menjadi manusia setengah salmon.”
                Jadi kita juga harus kaya gitu dalam ngejar mimpi. Harus kaya ikan salmon yang berimigrasi. Walaupun jauh,dan buth perjuangan yang teramt sangat berat. Kita gak boleh sama sekali nyerah. Nyawa sekalipun taruhannya. Kita harus tetep berjuang. SEMANGAT ! NEVER SAY NEVER !
                Semua usaha itu pasti ada hasil nya. Sekecil apapun pasti ada hasilnya.kalaupun pada akhirnya mimpi itu gk bisa kita raih,seenggaknya kita udah berusaha semampu kita sampai titik darah penghabisan dan kita juga akan ngerasa puas atas semuanya.
                Dibadingan Cuma diem dan bilang “ahh gak mungkin bisa ! susah banget..” mendingan berusaha sebisanya dan bilang “Ok. Gue akan coba ! gue pasti bisa! ” karna sebenernya semuanya itu sugesti. Kalau kita bialng gk bisa,yang kita gak akan bisa. Tapi kalau kita bilang bisa ya kita pasti bisa ! jadi mari ikuti kata d’massive : jangan menyerah..jangan menyerah..jangan menyerah...
                Eh ganti deh ! kerenan dikit,dan berhubung gue beliber jadi dengar kan kata Justin saja: i will never say never,i will fight. I will fight till forever..make it right. Whenever you knock me down,i will not stay on the ground..and NEVER SAY NEVER.
“You cant always get what you want , but if you try, sometimes you just might find, you get what you need”
xoxo

2 komentar:

Rismadilla Ulfah said...

Ciee yang move on

White Ranger said...

entah kenapa gue jadi pengen gampar lo !
HAHAHAHAHa
*evil laugh